Apa Itu Portofolio Bidding Dalam Google ads & Kenapa Anda Harus Tahu

portfolio bidding google ads adalah

Portofolio bidding google ads adalah salah satu teknik bidding yang digunakan dalam kampanye Google Ads untuk meningkatkan performa iklan dengan memanfaatkan optimasi otomatis berdasarkan data historis. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang portofolio bidding google ads , mengapa teknik ini penting untuk diketahui, dan bagaimana cara mengimplementasikannya dalam kampanye iklan  Anda.

 

Apa itu Portofolio Bidding Google Ads?

Portofolio bidding Google ads adalah teknik bidding yang memungkinkan Anda mengatur strategi bidding yang lebih cerdas dalam kampanye Google Ads Anda. Dalam teknik ini, Google Ads akan mengevaluasi kinerja iklan di dalam grup iklan yang sama dan menggunakan data historis untuk membuat prediksi tentang kinerja di masa depan. Dengan demikian, Google Ads dapat memperkirakan strategi bidding terbaik untuk setiap iklan dalam portofolio.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki beberapa iklan dalam kampanye Google Ads Anda yang ditargetkan pada kata kunci yang sama, Google Ads akan mengevaluasi kinerja masing-masing iklan tersebut dan memberikan nilai pada setiap iklan berdasarkan data historis. Kemudian, Google Ads akan menggunakan data historis tersebut untuk membuat prediksi tentang kinerja di masa depan dan menentukan strategi bidding terbaik untuk setiap iklan dalam portofolio.

Keuntungan Portofolio Bidding

Menggunakan teknik portofolio bidding dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi kampanye iklan Google Ads Anda. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

  1. Optimalisasi Otomatis: Portofolio bidding memanfaatkan optimasi otomatis berdasarkan data historis untuk menentukan strategi bidding terbaik untuk setiap iklan dalam portofolio. Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu dan usaha dalam memonitor dan mengoptimalkan setiap iklan secara individu.
  2. Performa yang Lebih Baik: Dengan memanfaatkan data historis untuk membuat prediksi tentang kinerja di masa depan, Google Ads dapat menentukan strategi bidding terbaik untuk setiap iklan dalam portofolio. Dengan demikian, performa iklan Anda dapat meningkat secara signifikan.
  3. Menyesuaikan dengan Perubahan: Portofolio bidding dapat menyesuaikan strategi bidding Anda dengan perubahan dalam pasar atau persaingan. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa kampanye iklan Anda selalu optimal dalam setiap kondisi pasar.

Baca Juga => Apa Itu Attribution Di Google Ads?

Cara Mengimplementasikan Portofolio Bidding

Untuk mengimplementasikan teknik portofolio bidding dalam kampanye Google Ads Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat Portofolio: Buat portofolio di dalam kampanye Google Ads Anda dan atur grup iklan yang akan diatur strategi bidding-nya.
  2. Tentukan Tujuan: Tentukan tujuan Anda untuk kampanye Google Ads Anda
  1. Aktifkan Portofolio Bidding: Aktifkan portofolio bidding untuk grup iklan yang ingin Anda atur strategi bidding-nya.
  2. Pilih Metrik: Pilih metrik yang ingin Anda gunakan untuk mengevaluasi kinerja iklan dalam portofolio, seperti ROAS atau CPA.
  3. Tentukan Batasan: Tentukan batasan pada setiap iklan dalam portofolio, seperti batasan biaya per klik atau batasan biaya per hari.
  4. Sesuaikan Target: Sesuaikan target penawaran pada setiap iklan dalam portofolio, seperti penawaran maksimum atau penawaran rata-rata.
  5. Tunggu Hasil: Tunggu beberapa waktu untuk melihat hasil dari strategi portofolio bidding Anda dan terus optimalkan strategi Anda seiring dengan perubahan dalam pasar atau persaingan.

Kesimpulan

Portofolio bidding adalah teknik bidding yang dapat membantu meningkatkan performa iklan Google Ads Anda dengan memanfaatkan optimasi otomatis berdasarkan data historis. Dengan memanfaatkan teknik portofolio bidding, Anda dapat menghemat waktu dan usaha dalam memonitor dan mengoptimalkan setiap iklan secara individu, meningkatkan performa iklan Anda, dan menyesuaikan strategi Anda dengan perubahan dalam pasar atau persaingan. Untuk mengimplementasikan teknik portofolio bidding, Anda perlu membuat portofolio di dalam kampanye Google Ads Anda, menentukan tujuan, memilih metrik, menetapkan batasan pada setiap iklan, mengatur target penawaran, dan terus optimalkan strategi Anda seiring dengan perubahan dalam pasar atau persaingan. Dengan menggunakan teknik portofolio bidding, Anda dapat memastikan bahwa kampanye iklan Google Ads Anda selalu optimal dan memberikan hasil terbaik untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *