Bongkar! Istilah Istilah atau Kata Kata Dalam Facebook Ads

Jika Anda seorang pemula dalam e-commerce dan baru saja memasuki dunia periklanan digital — ini untuk Anda!

Anda telah memilih untuk pergi ke lubang kelinci iklan digital sendiri dan itu bagus! Namun, kemungkinan akan lebih rumit dari yang Anda bayangkan.

Tapi jangan khawatir. Kami di sini untuk membantu Anda memahami istilah glosarium iklan Facebook paling populer dan menavigasi melalui Pengelola Iklan Facebook seperti seorang profesional.

Bahasa yang digunakan sebagian besar platform periklanan digital membingungkan dan sulit dimengerti. Namun mengetahui arti setiap kata yang belum pernah terdengar sebelumnya sangat penting untuk keberhasilan kampanye Anda.

Kami telah menyusun daftar istilah iklan Facebook paling populer dan menjelaskan arti setiap kata dalam bahasa manusia. Tandai itu.

Table of Contents

Facebook Ad Glossary

Ad 

Ad adalah iklan yang Anda buat di Pengelola Iklan Facebook untuk mempromosikan toko elektronik, halaman Facebook, produk, dll. Biasanya menyertakan gambar, teks, dan tombol ajakan bertindak.

Ad Auction

Sayangnya, saat Anda membuat iklan, iklan tersebut tidak langsung muncul di feed pengguna Facebook. Sebaliknya, ia bersaing dalam lelang dengan iklan serupa lainnya. Facebook mengukur kualitas iklan, tawaran, dan perkiraan tingkat tindakan untuk memutuskan iklan mana dalam lelang yang akan ditampilkan kepada pengguna Facebook pada jam berapa.

Ad ID

Ini adalah nomor unik yang diberikan untuk semua iklan yang Anda buat.

Ad Set

Semua iklan Anda dikelompokkan ke dalam set iklan. Facebook mengelompokkan iklan berdasarkan jadwal tayang, anggaran, audiens target, dan pengoptimalan penayangan.

Ads Manager

Facebook Ads Manager adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat, mengelola, dan menjalankan iklan di Facebook serta menangani semua informasi pembayaran dan penagihan Anda yang terkait dengan iklan di Facebook. Pengelola Iklan juga memiliki dasbor analitik terintegrasi tempat Anda dapat mengukur kinerja iklan Anda.

Adds to Cart

Saat seseorang (yang datang ke situs web Anda dari iklan Facebook Anda) menambahkan item ke troli — item tersebut muncul sebagai peristiwa Tambahkan ke Keranjang di bagian pelaporan. Untuk melihat ini di laporan iklan Anda, tambahkan Facebook Pixel ke situs web Anda.

Amount Spent

Ini adalah bidang dalam tabel pelaporan yang memberi tahu Anda berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk iklan, set iklan, atau kampanye.

Audience

Sekelompok orang yang Anda pilih untuk ditargetkan dengan iklan Facebook Anda disebut Audiens.

Audience Network

Sekelompok Facebook partner. Ini adalah berbagai aplikasi seluler dan penerbit web yang menampilkan iklan Anda di aplikasi dan situs web mereka.

Average CPC

Biaya Per Klik Rata-Rata adalah angka yang menunjukkan berapa biaya yang Anda keluarkan untuk setiap klik yang diterima iklan Anda. BPK dihitung dengan membagi total anggaran iklan dengan semua klik yang diterima iklan Anda. Gunakan metrik ini sebagai tolok ukur saat mengevaluasi biaya iklan Anda.

Bid Strategies

Bid Strategies  menentukan strategi yang digunakan Facebook untuk menawar Anda dalam lelang iklan. Saat Anda menetapkan tawaran secara manual, pilih dari jenis strategi berikut: biaya terendah, batas tawaran, batas biaya, nilai tertinggi, biaya target, atau ROAS min.

Broad Categories

Facebook menyediakan daftar kategori penargetan yang luas untuk mempermudah penargetan iklan Anda. Anda dapat mengelompokkan pengguna Anda berdasarkan minat, suka Facebook, aplikasi yang diinstal, dan sebagainya.

Budget

Anggaran menentukan jumlah uang maksimum yang ingin Anda belanjakan untuk setiap kampanye atau set iklan. Jika Anda telah mengaktifkan Pengoptimalan Anggaran Kampanye (CBO), Anda harus mengelola anggaran di tingkat kampanye, bukan di tingkat set iklan. Anda menetapkan jumlah uang yang akan dibelanjakan baik selama masa iklan (atau kampanye) Anda atau rata-rata untuk setiap hari.

Boosted Post

Anda tidak perlu menjalankan iklan untuk menciptakan kesadaran merek atau mendapatkan lebih banyak pengikut. Anda juga dapat mencoba meningkatkan (mensponsori) posting di halaman Facebook Anda. Dengan meningkatkan posting di halaman Facebook Anda, Anda dapat membuatnya terlihat oleh pengguna Facebook, yang belum menyukai halaman Anda. Namun, jika Anda menginginkan lebih banyak opsi pengoptimalan, buat iklan di Ad Manager.

Campaign

Semua iklan yang Anda buat di Facebook berada di bawah set iklan/ad sets terpisah. Semua set iklan termasuk dalam kampanye yang berbeda. Berikut adalah contoh struktur yang mungkin dimiliki toko pakaian di Pengelola Iklan: Kampanye (Black Friday) -> Set iklan (Wanita) -> Iklan (Promo Black Friday Women Diskon 50%).

Campaign ID 

Nomor unik yang diberikan untuk semua kampanye Anda. Nomor tersebut terlihat di bagian pelaporan Pengelola Iklan.

Campaign Spending Limit

Anda dapat menetapkan batas pembelanjaan maksimum untuk setiap kampanye. Setelah batas tercapai, kampanye Anda berhenti berjalan.

Campaign Reach

Jangkauan kampanye mengacu pada jumlah total orang yang melihat iklan Anda dalam kampanye.

CBO (Campaign Budget Optimization)

Pengoptimalan anggaran kampanye ditetapkan secara default dan mengelola anggaran di tingkat kampanye. Berdasarkan strategi penawaran yang Anda pilih, Facebook secara otomatis mendistribusikan anggaran kampanye di berbagai set iklan, dengan cara ini mengoptimalkan kinerja kampanye.

Clicks

Klik adalah tindakan yang dilakukan oleh orang-orang yang melihat iklan Anda dan mengkliknya. Klik dapat berupa: reaksi posting, komentar, klik pada profil atau gambar bisnis, berbagi posting, klik untuk memperluas, klik yang terhubung ke tujuan kampanye (suka halaman, pesan, kunjungan situs web, dll.), dan seterusnya.

Connections

Saat memilih audiens untuk ditargetkan dengan iklan Anda, Anda dapat memilih untuk menyertakan atau mengecualikan orang yang menyukai dan mengikuti halaman Anda. Orang-orang itu dikelompokkan sebagai Koneksi.

Conversions

Tindakan yang diselesaikan oleh pelanggan, seperti menambahkan ke keranjang atau pembelian di situs web Anda, adalah konversi.

Cost Per Action

Jumlah rata-rata uang yang Anda bayarkan untuk satu konversi.

CPC

Jumlah rata-rata uang yang Anda bayarkan untuk sebuah klik pada iklan Anda.

Creative Hub

Ini adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat iklan di Facebook. Gunakan juga untuk melihat iklan yang dibuat oleh bisnis lain dan menarik inspirasi.

CTR (Click Through Rate)

RKT adalah metrik yang mengukur jumlah klik yang diterima iklan Anda per setiap tayangan. Ini semacam tingkat keberhasilan —semakin besar persentasenya, semakin baik kinerja iklan Anda. Facebook menghitungnya dengan membagi jumlah total tayangan dengan klik yang didapat iklan. Jika persentasenya rendah, sesuaikan audiens, visual, atau teks Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Custom Audience

Pemirsa Khusus adalah opsi penargetan yang dapat Anda pilih saat membuat iklan Facebook. Untuk membuat pemirsa khusus, Anda perlu mengimpor detail tentang pelanggan Anda, seperti alamat email atau tindakan yang dilakukan di situs web Anda.

Daily Budget

Anggaran harian adalah jumlah uang yang ingin Anda belanjakan untuk set iklan atau kampanye per hari. Setiap set iklan dapat memiliki anggaran hariannya sendiri.

Delivery

Penayangan adalah status kampanye, set iklan, dan iklan Anda. Status ditampilkan di halaman Kampanye Pengelola Iklan Facebook dan dapat berupa apa saja dari aktif, dijeda, atau nonaktif.

Destination

Tujuan adalah tempat yang Anda inginkan agar orang-orang mendarat setelah mengeklik iklan Anda atau tombol CTA (ajakan bertindak). Ini bisa berupa situs web bisnis Anda, messenger, halaman Facebook, atau aplikasi.

End Date

Ini adalah tanggal yang dijadwalkan berakhir pada set iklan Anda. Anda mengaturnya saat membuat kampanye.

Frequency

Seseorang mungkin melihat iklan Anda lebih dari sekali di umpan Facebook mereka. Frekuensi adalah metrik yang menentukan frekuensi rata-rata iklan Anda ditampilkan kepada orang yang sama.

Impressions

Frekuensi rata-rata iklan Anda berada di umpan audiens target Anda.

Interaction

Jika pengguna berinteraksi dengan iklan Anda dengan cara apa pun, itu akan ditandai sebagai interaksi di bagian pelaporan. Interaksinya bisa apa saja, mulai dari mengklik iklan hingga menonton video. Misalnya: 1 klik dan 1 komentar oleh 1 orang ditandai sebagai dua interaksi.

Lead Generation 

Ini adalah tujuan yang dapat Anda pilih saat membuat iklan di Facebook. Jika Anda telah menetapkan tujuan kampanye sebagai Lead Generation , Anda dapat meminta audiens Anda untuk mengisi formulir dengan detail kontak mereka. Formulir tidak harus berada di Facebook, bisa juga di situs web Anda dan dilacak oleh Facebook jika Anda menggunakan Facebook Pixel.

Lifetime Budget 

Ini adalah jumlah uang yang telah Anda tetapkan untuk dibelanjakan selama masa kampanye.

Link Clicks

Ini adalah jumlah klik pada tautan di iklan yang mengarah ke tujuan di dalam atau di luar Facebook.

Likes & Interests Targeting

Ini adalah cara untuk menargetkan pengguna Facebook berdasarkan halaman yang mereka sukai dan minat yang mereka ekspresikan di Facebook.

Lookalike Audience 

Facebook membuat pemirsa serupa untuk membantu pengiklan menargetkan pemirsa, mirip dengan yang mengunjungi situs web mereka. Untuk membuat pemirsa serupa, Anda harus menyiapkan Pemirsa Khusus terlebih dahulu.

Objective

Tujuan kampanye menunjukkan apa yang ingin Anda capai dengan kampanye itu. Itu bisa berupa kesadaran atau jangkauan merek, pemasangan aplikasi, penayangan video, penjualan katalog, dan sebagainya.

On-Facebook purchases

Semua pembelian yang dilakukan pengguna Facebook sebagai akibat dari melihat iklan Anda di properti milik Facebook (messenger, halaman Facebook, dll.)

Page Engagement

Sejumlah tindakan yang dilakukan pengguna Facebook di halaman bisnis atau postingan Anda, karena upaya iklan Facebook Anda.

Page likes

Jumlah orang yang menyukai halaman Facebook Anda.

Payment Method 

Metode pembayaran adalah cara Anda dapat membayar iklan yang Anda buat di Facebook.

Pixel

Facebook Pixel adalah cuplikan kode yang dapat Anda masukkan ke dalam kode situs web Anda. Pixel membantu Facebook melacak semua peristiwa yang terkait dengan iklan Anda yang berlangsung di luar Facebook. Anda juga dapat menggunakan data dari Facebook Pixel untuk mengoptimalkan iklan Anda.

Placement 

Saat membuat iklan Anda di Pengelola Iklan Facebook, Anda dapat memilih di mana Anda ingin iklan Anda ditampilkan di Facebook. Anda dapat memilih untuk menampilkannya di Kabar Beranda, Video yang Disarankan, Market Place, Kolom Sisi Kanan, dan sebagainya. Anda juga dapat membiarkan Facebook memutuskan tempat untuk menampilkan iklan Anda dengan mengaktifkan opsi penempatan otomatis.

Post Engagement

Jumlah tindakan (suka, komentar, bagikan, dll.) yang dilakukan orang pada postingan halaman Anda setelah mereka melihat postingan atau iklan yang dipromosikan.

Potential Reach

Ini adalah perkiraan berapa banyak orang dalam audiens target yang Anda pilih.

Promoted Post

Postingan yang dipromosikan adalah postingan yang dipromosikan di halaman Facebook bisnis Anda.

Reach

Ini adalah jumlah orang yang melihat iklan Anda sekali. Jangan mencampuradukkannya dengan tayangan karena tayangan dapat menyertakan beberapa penayangan iklan Anda ke sekelompok orang yang sama.

Relevance Score

Setelah iklan Anda mengumpulkan setidaknya 500 tayangan, Facebook menilainya. Skornya antara 1 dan 10, 1 untuk relevansi rendah, 10 untuk relevansi tinggi. Jika iklan Anda memiliki skor relevansi yang rendah, Anda mungkin ingin mengoptimalkannya (mengubah audiens, konten, gambar, dll.)

Reports

Bagian Laporan di Pengelola Iklan menunjukkan kepada Anda metrik terpenting dari iklan Anda dan bagaimana kinerjanya sejauh ini. Anda dapat memilih metrik mana yang akan disertakan dan mana yang tidak.

Social Clicks 

Klik sosial adalah klik yang dilakukan pada iklan Anda oleh seseorang, yang teman Facebook-nya melakukan tindakan pada iklan yang sama sebelumnya (misalnya John Dike menyukai ini, John Dike mengikuti ini, John Dike hadir.)

Social Impressions

Frekuensi iklan Anda ditampilkan dengan informasi sosial (mis. John Dike mengikuti ini.)

Start Date

Tanggal iklan Anda mulai berjalan.

Status

Status kampanye, set iklan, dan iklan Anda. Itu bisa hidup atau mati.

Suggested Bid Range

Facebook akan menyarankan rentang tawaran yang harus Anda pilih saat membuat iklan. Tawaran didasarkan pada persaingan dan konten iklan Anda.

Targeted Audience

Ini adalah jumlah orang yang mungkin dijangkau iklan Anda berdasarkan audiens yang Anda targetkan.

Traffic

Lalu lintas adalah tujuan yang dapat Anda pilih saat membuat iklan. Tujuan ini berfokus untuk menarik sebanyak mungkin orang ke situs web Anda.

Transaction

Ini adalah biaya yang dikenakan kepada Anda untuk iklan Facebook Anda oleh Facebook. Anda dapat melihat semua tagihan untuk iklan Anda di bagian Ringkasan Penagihan di Pengelola Bisnis.

Unique Clicks

Ini adalah jumlah orang yang mengklik iklan Anda. Catatan, ini menghitung orang, bukan tindakan.

Verification Hold

Tagihan dikenakan pada kartu Anda untuk memverifikasi metode pembayaran Anda. Biasanya sejumlah $1,01 dan akan dikembalikan kepada Anda dalam waktu 5 hari.

Kesimpulan

Beriklan di Facebook bukanlah proses satu atau dua langkah. Pasti ada kurva belajar. Panduan istilah iklan Facebook ini adalah langkah pertama yang harus Anda ambil saat mencoba menangani iklan di Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *