Cara Mudah Melihat Iklan Facebook & Instagram Ads Kompetitor 100% berhasil

cara melihat iklan kompetitor
cara melihat iklan kompetitor

Akan sangat menguntungkan jika Anda bisa mengetahui iklan apa saja yang diiklankan oleh kompetitor Anda di facebook ads dan instagram ads. Melihat Iklan Facebook ads & instagram Ads , Dan saya yakin ketika Anda sedang membaca tulisan ini

Anda pasti lagi mencari artikel tentang cara untuk mengintip iklan kompetitor. Sebelum kita masuk ke pembahasa mari kita cari tahu terlebih dahulu apa itu social media, dan kenapa medsos sangat penting untuk bisnis Anda di zaman digital seperti sekarang ini.

 

Social media dalah salah satu sales channel yang paling penting di zaman digital ini. Kenapa? Karena orang-orang di seluruh indonesia bahkan dunia lebih suka berbelanja secara online

ini bisa dibuktikan dari peningkatkan pembelian di online store.

 

mari kita mulai dari sini.

Jika Anda mencari cara untuk melihat, menemukan bahkan mengintip apa saja yang dilakukan oleh pesaing Anda di media social itu adalah hal yang sangat penting. Melihat konten nya saja di Tiktok, Facebook, Instagram atau youtube saja tidak akan cukup. Anda harus lebih dari itu

Dengan melakukan analisis terhadap pesaing Anda akan membantu Anda memahi apa yang sedang mereka lakukan dan apa saja yang berhasil dan apa yang tidak.

Di artikel ini Anda akan mempelajari cara mengintip iklan facebook dan instagram ads dari competitor Anda, Bagaimana Anda bisa menemukan informasi dan bagaimana cara menggunakan informasi tersebut untuk keuntungan bisnis anda.

Di dunia bisnis sudah hal yang wajar jika kita “mematai-matai” kompetitor kita, di dunia digital pun Anda bisa memata matai pesaing Anda baik itu dari segi konten, kemasan hingga iklannya.

Jika Anda belom yakin kenapa Anda harus “mengintip” iklan kompetitor, ini adalah 2 alasan untuk “mengintp iklan kompetitor Anda:

  • Hemat Waktu – Mengetahui apa saja campaign yang di jalankan oleh perusahaan lain dan bagaimana mereka memposisikan produk untuk menjangkau customer bisa menghemat waktu Anda untuk merancang Campaign iklan di produk Anda.
  • Hemat Uang – Anda tidak perlu lagi melakukan trial & error, karena Anda bisa mengetahui apa saja iklan yang berhasil dan iklan yang tidak berhasil dengan menggunakan cara ini bisa dipastikan Anda akan menghemat budget iklan untuk melakukan split testing.

 

Dimana Anda bisa “mengintip” Iklan Kompetitor?

1. Facebook Ads Library

Tools palling populer dalam menemukan iklan kompetitor Anda adalah di Facebook ads library

Facebook ads library dibuat dalam rangka sebagai kebijakan transpransi iklan oleh facebook

“Transparansi adalah prioritas bagi kami untuk membantu mencegah campur tangan dalam pemilu, jadi Perpustakaan Iklan juga menampilkan informasi tambahan tentang iklan ini, seperti siapa yang mendanai iklan, kisaran jumlah yang mereka belanjakan, dan jangkauan iklan di berbagai demografi.” kata Facebook.

Cara menemukan iklan pesaing Anda di Perpustakaan Iklan Facebook:

  1. Buka Facebook Page kompetitor Anda.
  2. Scroll ke bawah ke bagian Transparansi Halaman.
  3. Klik Lihat Semua.
cara melihat iklan kompetitor
cara melihat iklan kompetitor

4. Scroll ke bawah dan klik tombol Buka Pustaka Iklan.

 

cara melihat iklan kompetitor
5. Horeee….! Anda berada di dalam Facebook Ads Library pesaing Anda.
cara melihat iklan kompetitor

2. Ikuti halaman Facebook pesaing Anda

Anda juga dapat melihat iklan Facebook pesaing Anda dengan mengikuti halaman mereka. Namun, Anda hanya akan melihat iklan yang ditargetkan untuk Anda. Misalnya, jika mereka menjalankan iklan yang menargetkan orang-orang dari negara lain, Anda mungkin tidak akan melihat iklan tersebut.

 

3. Klik Why am I seeing this ad?

cara mengintip iklan kompetitor

 

Anda bisa mendapatkan wawasan demografis dalam iklan kompetitor Anda. Saat iklan pesaing Anda muncul di feed berita atau kolom kanan, klik ikon “Opsi Lainnya” (tiga titik di sudut kanan atas).

Kemudian, klik “Mengapa saya melihat iklan ini?” dan Anda akan menemukan demografi yang dipilih pembuat iklan untuk ditargetkan, misalnya, wanita berusia 16 hingga 55 tahun yang tinggal atau baru saja berada di Jakarta.

Informasi ini berguna ketika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang audiens yang ditargetkan pesaing Anda dengan iklan Facebook.

 

cara mengintip iklan kompetitor

Bagaimana cara menemukan iklan Instagram pesaing Anda?

Untuk menemukan iklan Instagram pesaing Anda, buka Perpustakaan Iklan Facebook. Kemudian, filter iklan pesaing Anda berdasarkan platform tempat iklan dijalankan, misalnya Instagram, jaringan audiens, atau messenger.

 

cara mengintip iklan kompetitor

Anda juga dapat melihat iklan di halaman Instagram pesaing Anda.

 

Berikut cara melakukannya:

  • Buka halaman Instagram pesaing Anda.
  • Klik pada ikon Opsi Lainnya (tiga titik di sudut kanan atas).
  • Klik tombol Tentang Akun Ini.
cara mengintip iklan kompetitor

 

Di bagian Tentang Akun Ini, Anda akan menemukan tombol Iklan Aktif yang menampilkan semua iklan yang dijalankan akun tersebut. Filter mereka dengan mengklik feed atau iklan cerita.

 

Apa yang harus diperhatikan saat memata-matai iklan Facebook & Instagram

Penting untuk mengetahui apa yang harus dicari dan apa yang harus diperhatikan saat melakukan penelitian. Inilah yang harus Anda perhatikan:

 

1. Impresi

Untuk melihat iklan berperforma terbaik yang dijalankan pesaing Anda, filter berdasarkan tayangan. Tayangan menentukan berapa kali iklan ditampilkan di layar untuk pertama kalinya.

 

2. Jenis Media

cara mengintip iklan kompetitor

Video atau Gambar? Mungkin juga tidak? Jenis iklan yang dijalankan pesaing Anda akan membantu Anda menemukan keseimbangan yang tepat antara iklan video dan gambar. Jika pesaing menjalankan beberapa iklan, filter terlebih dahulu berdasarkan tayangan, lalu lihat visual mana yang mendominasi.

 

3. Pesan

Menurut penelitian, salinan berkualitas tinggi mendorong 7,8 kali lebih banyak lalu lintas situs dan meningkatkan tingkat keterlibatan. Perhatikan baik-baik judul teks, panjang badan, proposisi nilai, poin-poin menyakitkan yang dibahas, dan ajakan bertindak dalam pesan.

 

4. Durasi Iklan Berjalan

Filter iklan pesaing Anda berdasarkan durasi. Kembalilah sejauh 90 hari dan temukan iklan yang masih berjalan. Pemasar Facebook biasanya tetap berpegang pada iklan yang berkinerja baik. Iklan yang berjalan untuk jangka waktu yang lama menunjukkan keberhasilan.

 

5. Penawaran dan Penawaran

Awasi penawaran dan iklan penawaran pesaing Anda. Apakah pesaing Anda mengiklankan pengiriman gratis, kode diskon, atau insentif lainnya? Apakah mereka memberikan diskon dan mengapa? Catat taktik mereka dan temukan di mana Anda bisa melakukan yang lebih baik.

 

6. Targetkan orang yang menyukai Halaman Facebook pesaing Anda

Ini adalah taktik yang paling licik, tetapi sangat berguna dan banyak digunakan oleh pengiklan Facebook. Saat membuat iklan Anda, pilih untuk menargetkan orang-orang yang menyukai halaman Facebook pesaing Anda.

 

Kesimpulan

Dalam era pemasaran digital saat ini, melihat iklan kompetitor di Facebook Ads dan Instagram Ads merupakan salah satu strategi penting untuk memahami tren pemasaran dan menemukan peluang untuk meningkatkan kampanye pemasaran sendiri. Cara untuk melihat iklan kompetitor di Facebook Ads dan Instagram Ads dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Facebook Ad Library, tool pihak ketiga seperti AdSpy dan SocialPeta, atau dengan memanfaatkan fitur “Why am I seeing this ad?” pada iklan yang muncul di feed pengguna.

Melihat iklan kompetitor dapat memberikan manfaat dalam hal memahami cara-cara pesaing dalam memasarkan produk atau layanan, mencari inspirasi kreatif untuk meningkatkan kampanye iklan sendiri, serta mengidentifikasi tren pemasaran yang berlaku di industri tertentu. Namun, penting untuk mematuhi aturan dan etika bisnis yang berlaku dalam pengamatan terhadap pesaing, serta menghindari tindakan yang tidak etis seperti meniru atau menjiplak iklan kompetitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *